Capim Lili Ingin Pimpinan KPK Turun ke Bawah Pantau Kinerja Penyidik


...

Calon Pimpinan KPK Lili Pintauli Siregar saat uji kelayakan dan kepatutan calon pimpinan KPK di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (11/9/2019).

Jakarta, Beritastatu.com - Calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar mengkritisi para pimpinan KPK yang ada saat ini. Karena dalam bekerja masih dianggap belum maksimal pada suatu kasus.

Menurut mantan Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) dua periode itu, saat ini para pimpinan KPK tidak terjun langsung ke tingkat bawah. Mulai dari penyidikan dan penyelidikan di satu kasus.

‎"Bolehkan pimpinan turun ke bawah, mulai tingkat penyidikan, penyelidikan, saya ingin melihat itu. Saya ingin melihat turun ke bawah harus tanpa melalui deputi‎," ujar Lili dalam uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi III DPR, kompleks parlemen, Senayan Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Lili juga mengkritisi mengenai operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan oleh lembaga antirasywah ini. Menurut dia OTT dilakukan terus menerus tetapi tidak dengan kasus yang merugikan negara besar. Sehingga perlu ada mekanisme baru.

‎"OTT terus menerus, tetapi nilai OTT dan pengeluaran yang besar itu tidak nyambung," katanya.

Namun Lili juga tetap mengapresiasi kinerja KPK yang ada saat ini. Misalnya mengenai pencegahan sudah sangat berjalan. Misalnya di daerah Tangerang Selatan, masyarakat sudah mulai terjun langsung mencegah korupsi.

"Ada yang sudah dibangun dengan KPK di wilayah kami Tangsel, sudah sampai ada perempuan antikorupsi. Itu sudah berjalan," katanya.



Sumber : Suara Pembaruan