Capim Nawawi Sebut Persoalan KPK Saat Ini Hanya soal Manajerial Pimpinan


...

Calon Pimpinan KPK Nawawi Pomolango saat uji kelayakan dan kepatutan calon pimpinan KPK di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (11/9/2019).

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi III DPR RI menggelar fit and profer test capim KPK di ruang rapat Komisi III Kompleks parlemen, Senayan Jakarta, Rabu (11/9/2019). Capim KPK yang terlebih dulu di uji adalah Nawawi Pomolango.

Nawawi menjelaskan programnya bila terpilih menjadi pimpinan KPK. Nawawi mengatakan, pencegahan korupsi harus dimulai dari sekolah tingkat dasar.

Selama ini, kata Nawawi, publik melihat pemberantasan korupsi hanya sebatas operasi tangkap tangan. Dia juga mengkritik pencegahan yang selama ini dilakukan KPK.

"Jangan-jangan anggaran pencegahan KPK itu habis beli bensin keliling Indonesia," katanya.

Terkait adanya pertanyaan anggota dewan terkait pandangannya soal revisi UU KPK, Nawawi mengatakan, saat ini belum perlu menambah kewenangan KPK. ia menyebut KPK itu tidak ada masalah saat zamannya Taufiqurahman Ruki dan Antasari Azhar.

"Zaman Samad dan yang sekarang saja yang masalah dengan wadah pegawai KPK. Saya kira ini ada masalah dengan manajerial pimpinan. Tapi kalau ada pimpinan baru datang dan tak paham masalah jadi susah juga," katanya.

Menurutnya, pimpinan KPK itu harus kompeten agar bisa mengatur bawahan. Pimpinan juga harus mampu mengakselesasi sistem kerja di KPK.

Terkait dengan OTT, Nawawi mengatakan, hal itu bukan hal yang haram.

"Harusnya pencegahan dulu di depan baru penindakan. Kalau ada kejadian ya tangkap juga," katanya



Sumber : Suara Pembaruan