ck Mendagri Imbau Pilkada Jawa Tengah Untuk Tertib

Mendagri Imbau Pilkada Jawa Tengah Untuk Tertib


...

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi

Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi mengimbau agar setiap pihak yang turut ambil bagian dalam pilkada Jawa Tengah (Jateng) tertib. Melihat perkembangan hingga saat ini, pilkada yang sudah berlangsung dan akan berlangsung tersebut menurut Gamawan diperkirakan berjalan lancar.

“Saya melihat Jateng dan Jabar berjalan dengan baik. Sampai hari ini dan kemarin saya monitor juga berjalan baik,” kata Gamawan Fauzi di kantor presiden, Jakarta, Kamis (23/5).

Pemilihan gubernur Jateng akan berlangsung pada 26 Mei mendatang. Sementara itu masih ada pilkada yang juga menyusul seperti pilkada di Lampung dan Jawa Timur (Jatim).

“Saya juga sudah bertemu KPU dan Jatim enggak ada masalah,” lanjutnya.

Gamawan mengatakan hingga saat ini Lampung memang belum memasukkan anggaran. Namun pilkada haru dijalankan paling tepat enam bulan atau paling lambat satu bulan sebelum berakhir masa jabatan kepala daerah yang lama. Oleh karena itu KPU setempat juga harus siap.

Hal tersebut disampaikan Gamawan menyusul adanya surat edaran mendagri untuk mempercepat pilkada agar tidak terlalu banyak pilkada pada tahun 2014 menjelang Pemilu. Sementara Lampung sendiri menunjukkan keengganan melakukan percepatan pilkada tersebut.