Presiden Jokowi Telah Kirim Surpres Revisi UU KPK kepada DPR


...

Aksi Dukung Revisi UU KPK di Makassar.

Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengirimkan surat presiden (supres) kepada DPR terkait kesiapan pemerintah membahas Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Presiden disebut akan menyampaikan secara lebih rinci.

“(surpres) sudah ditanda tangan dan sudah dikirim ke DPR. Nanti Bapak Presiden akan menjelaskan detailnya seperti apa,” kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno, di Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Pratikno menambahkan, daftar inventarisasi masalah (DIM) dari pemerintah banyak yang mengeritisi draf RUU KPK. “Bahwa DIM yang dikirim oleh pemerintah itu banyak sekali yang merevisi draf RUU KPK yang dikirim oleh DPR,” imbuh Pratikno.

Pratikno menyatakan, DPR mempunyai kewenangan untuk merumuskan UU. Hanya saja, menurut Pratikno, UU yang diputuskan harus disepakati bersama antara DPR dan pemerintah.

Kan undang-undang harus disepakati bersama DPR dan pemerintah,” ucap Pratikno.

Pratikno pun menyebut, “Pak Presiden selalu katakan bahwa institusi KPK adalah lembaga independen. Dalam hal pemberantasan korupsi punya banyak kelebihan-kelebihan dibandingkan lembaga pemberantasan korupsi lainnya. Selebihnya Bapak Presiden akan menjelaskan lebih detil.”



Sumber : Suara Pembaruan