ck Sirkuit Mandalika Diyakini Rampung Akhir 2020

Sirkuit Mandalika Diyakini Rampung Akhir 2020


...

Pertemuan Menpora, ITDC dan IMI membahas Sirkuit Mandalika untuk MotoGP>

Jakarta, Beritasatu.com - Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat yang akan dijadikan sebagai arena balap motor kelas dunia MotoGP 2021 direncanakan selesai sesuai jadwal yakni pada akhir 2020 mendatang. Kepastian itu didapatkan usai pertemuan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan Direktur Utama PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoer di kantor Kempora, Selasa (5/11/2019).

"Kami Kempora menanyakan dan memastikan tentang kesiapan dari penyelenggaraan MotoGP ini karena kami tak mau main-main, apalagi ini membawa nama besar Bangsa Indonesia. Tadi pihak ITDC sebagai pengembang Sirkuit Mandalika dan mitranya IMI (Ikatan Motor Indonesia) sudah meyakinkan kami bahwa pembangunan sirkuit bisa berjalan sesuai jadwal seperti yang dijanjikan di awal yakni akhir 2020. Namun, kalau tak sanggup, segera bilang ke kami," ucap Menpora Zainudin.

Dirut ITDC, Abdulbar mengatakan Sirkuit Mandalika akan menjadi sirkuit jalan raya (street circuit) pertama di dunia yang akan digunakan di ajang MotoGP. Berdasarkan kontrak dengan Dorna Sports, ajang MotoGP di Mandalika akan berlangsung selama 5 tahun mulai 2021-2025.

"ITDC dapat kehormatan untuk mengembangkan Mandalika dan kami berhasil mendapat kontrak Moto GP pada 28 Januari 2019, untuk penyelenggaraan 5 tahun ke depan. Nanti akan ada dua kelas balap dunia yang diantaranya ialah MotoGP dan kami akan membangun sirkuit jalanan yang akan menjadi pertama kalinya di dunia," tambah Abdulbar.

Pihaknya mengharapkan bisa selesai dalam 1 tahun, karena ITDC juga mendapat kehormatan menjadi penyelenggara pre season race 2021. Ini sangat membanggakan karena belum dibangun saja sudah dipercaya. Ia menegaskan langkah ini bukan untuk ITDC dan Lombok saja, tapi untuk Bangsa Indonesia.

Di fase persiapan ini, lanjut Abdulbar, pihaknya juga menjalin komunikasi intensif dengan IMI terkait pembangun sirkuit. Nantinya, Sirkuit Mandalika juga akan menggelar ajang tes pramusim MotoGP 2021.

Baca Juga: Sirkuit Mandalika Siap Dipakai Tes Pra Musim MotoGP

"Kita sudah memegang lisensi dan kita sudah tahap penggalian badan jalan. Kita meninjau perkembangan, dari awal dan kami juga selalu berdiskusi dengan IMI. Bahkan sampai detik ini kami masih intens berdiskusi dengan IMI agar penyelenggaraan ini bisa berjalan lancar dan juga memang harus mulai dari sekarang dan jangan terlambat," pungkasnya.

Ketua IMI Pusat, Sadikin Aksa menegaskan pihaknya siap mendukung pelaksanaan MotoGP 2021 di Mandalika. IMI Pusat juga akan memastikan sirkuit itu akan memenuhi standar Federasi Balap Motor Internasional (FIM) dan terhomologasi dengan baik.

"Kami memastikan homologasinya baik dan kami siap bekerjasama supaya event ini terselenggara dengan baik. Kami IMI siap untuk mendukung 100 persen supaya balapan MotoGP kembali ke Indonesia," tutup Sadikin. 



Sumber : Suara Pembaruan