Kepala BPPT: Habibie Bapak Pendiri yang Inspiratif


...

Menteri Negara Riset dan Teknologi Prof BJ Habibie (kanan) menjelaskan model pesawat terbang dari berbagai jenis dalam suatu pertemuan dengan Menteri Pertahanan Australia Ian Sinclair (tengah) di ruang kerja Menristek di Gedung BPP Teknologi Jakarta, Selasa (14/01/1983). Presiden Ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie meninggal dunia pada hari Rabu 11 September 2019 di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta pukul 18.05 WIB.

Jakarta, Beritasatu.com - Keluarga besar Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) berduka atas berpulangnya BJ Habibie yang juga menjadi bapak pendiri BPPT. Suntikan semangat BJ Habibie akan terus digelorakan BPPT untuk memajukan inovasi di Indonesia.

Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan, Eyang Habibie (panggilan akrab BJ Habibie) selalu memikirkan sumber daya manusia (SDM).

"Kami dari awal diberikan kesempatan untuk menimba ilmu, disekolahkan, diberi beasiswa, diberi tantangan untuk inovasi dan transformasi industri," katanya di Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Eyang Habibie lanjutnya, memberikan kesempatan besar kepada para anak bangsa, sumber daya manusia yang menguasai iptek agar dapat berkarya, melakukan transformasi industri, dengan filosofi bermula di akhir dan berakhir di awal.

Filosofi ini menghela BPPT untuk melakukan lompatan teknologi, memercepat penguasaan dan pemanfaatan teknologi yang dibutuhkan masyarakat dan industri nasional.

"Saya akan berusaha sekuat tenaga menjadikan iptek dan inovasi sebagai penghela pertumbuhan ekonomi, melalui penguasaan teknologi," ucapnya.

BPPT pun akan fokus pada produk inovasi seperti yang dicontohkan Eyang Habibie melalui industri strategis yang dibangun seperti kedirgantaraan, pereketaapian, telekomunikasi, energi, lingkungan hidup dan lainnya.

Hammam menambahkan, pesan kuat Eyang Habibie adalah jangan pernah menyerah, jangan berhenti mencoba, jangan pernah surut belajar dan selalu semangat untuk menjadi terbaik dalam penerapan dan penerapan teknologi.

"Doa kami senantiasa untukmu bapak pendiri BPPT. Selamat Jalan Prof BJ Habibie, founding father BPPT. We salute you, your life is our inspiration. Forever and ever," ungkap Hammam.



Sumber : Suara Pembaruan