Tjahjo Sebut Jadi ASN Berarti Ciptakan Terobosan dan Siap Jadi Pemimpin


...

Malam Anugerah ASN 2019 di Auditorium LPP TVRI, Jakarta, Senin (2/12/2019) malam.

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo mengatakan menjadi aparatur sipil negara (ASN) bukan hanya bekerja sesuai jam kerja. Lebih dari itu, seorang ASN seharusnya dapat menciptakan terobosan, membuka peluang perbaikan dan inovasi, serta siap menjadi pemimpin di masa depan.
Hal ini disampaikam Tjahjo saat memberikan sambutan dalam Malam Anugerah ASN 2019 di Auditorium LPP TVRI, Jakarta, Senin (2/12/2019) malam.

"Mengabdikan diri sebagai ASN berarti menciptakan terobosan, membuka peluang perbaikan dan inovasi, kepemimpinan yang efektif dan kesiapan untuk menjadi pemimpin di masa depan," kata Tjahjo Kumolo.

Tjahjo membuka sambutannya dengan menyampaikan pepatah Jawa "Sepi ing pamrih rame ing gawe" dan pepatah Sentani, Papua "Ani foise hokhogondere ne, khalya na hebhernyea nenghinde mokhowende" yang bermakna bekerja tekun dan tulus tanpa pamrih akan memberi hasil yang terbaik.

Menurutnya, dua pepatah tersebut menggambarkan para ASN yang meraih penghargaan ASN terbaik. Dari 1.075 ASN yang masuk nominasi dengan tiga kategori, yakni PPT Teladan, ASN Inspiratif dan Feature Leader, tim juri yang diketuai Helmi Yahya memilih tiga ASN terbaik untuk masing-masing kategori.

Tjahjo mengungkapkan kebanggaaannya kepada para ASN peraih penghargaan maupun yang masuk nominasi. Dikatakan, karena karya-karya para ASN ini menjadi keberkahan bagi Indonesia seperti pepatah Sulawesi, "Resopa temmangingi namalomo naletei pammase dewata".

"Bersama kita telah hadir para nomine yang merupakan Aparatur Sipil Negara yang telah membuktikan bahwa bekerja tak harus dibatasi oleh kungkungan jam kerja dan manfaat yang hanya bisa dirasakan oleh diri dan instansinya semata," kata Tjahjo Kumolo.

Ditegaskan Tjahjo prestasi para ASN ini semakin menggerus citra PNS yang selama ini terstigma lamban bahkan malas. Tjahjo berharap prestasi para peraih penghargaan dapat menginspirasi dan mengajak ASN lain untuk berkarya. "Dan pada akhirnya akan mendorong menjadi sebuah gerakan masif bagi perbaikan negeri ini. Perbaikan layanan kepada masyarakat yang secara nyata akan dinikmati, mendukung perwujudan Indonesia Emas di tahun 2045 nanti," kata Tjahjo Kumolo.



Sumber : Suara Pembaruan