Sidang Abu Bakar Baasyir, 2.300 Aparat Disiagakan


...

Abu Bakar Baasyir [google]

[JAKARTA] Sekitar 2.300 aparat kepolisian disiagakan untuk menjaga jalannya sidang tersangka kasus terorisme Abu Bakar Baasyir (ABB) yang akan berlangsung di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Kamis (10/3) pukul 09.00 WIB.

Demikian dikatakan Kepala Bidang Penerangan Umum (Kabidpenum) Polda Metro Jaya Kombes Pol Baharudin. "Jumlah personel yang disiagakan tidak berbeda dengan jumlah personel yang disiagakan pada sidang lalu, yaitu sekitar 2.300 personel gabungan," kata Kombes Pol Baharudin, Kamis (10/3/2011).

Sama seperti sidang Kamis (10/2) lalu, lanjut Baharudin, penjagaan dibagi menjadi lima ring. Penjagaan pada ring satu dan dua tidak dilengkapi dengan persejataan.

Selain itu, kepolisian juga telah menyiagakan penembak jitu (sniper) untuk menjaga keamanan saat sidang dengan agenda putusan sela berlangsung di Ruang Sidang Utama Prof H Oemar Seno Adji.

Baharudin juga menegaskan bahwa sidang terbuka untuk umum sehingga bisa disaksikan oleh siapapun termasuk petugas keamanan.

JPU mendakwa Amir Jamaah Anshorut Tauhid tersebut dengan tujuh pasal berlapis. Diantaranya, didakwa melanggar Pasal 14 jo Pasal 9, Pasal 14 jo Pasal 7, Pasal 14 jo Pasal 11 UU No.15/2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. Dimana, semuanya terkait menggerakkan.

Baasyir juga didakwa melanggar Pasal 15 jo Pasal 9 tentang Pemufakatan jahat, Pasal 15 jo Pasal 7, Pasal 15 jo Pasal 11 dan Pasal 13 a UU No.15/2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.

Abu Bakar Baasyir diduga merencanakan dan menggerakan orang lain untuk melakukan tindak pidana terorisme. Dan terkait juga perencanaan, menggerakan orang lain untuk mengumpulkan dana, baik secara pribadi maupun dia dalam konteks selaku Amir JAT. [N-8]



Sumber : suarapembaruan