...

Hitler berfoto dengan latar belakang Wolf's Lair

Markas Nazi di Perang Dunia II

Ingin merasakan nuansa perang dunia kedua ala Nazi? Mungkin bekas markas Jerman di wilayah hutan lebat Polandia ini bisa menjadi pilihan Anda.

Wolfsschanze atau Wolf's Lair - yang dalam Bahasa Indonesia berarti Sarang Serigala - merupakan sebuah bangunan yang menjadi markas Nazi dalam Perang Dunia II, khususnya sejak 1941 hingga 1944, ketika Hitler sedang menghadapi pertempuran di Front Timur.

Di bangunan itu pula Hitler pernah luput dari percobaan pembunuhan, kejadian yang kemudian dikenang kembali dalam film Valkyrie yang dibintangi oleh Tom Cruise.

Kini bangunan yang menempati lahan seluas 13 hektar itu tidak terpakai dan otoritas kehutanan Polandia kini berencana untuk menyewakanya bagi para wisatawan.

Meskipun menjelang kekalahannya di Perang Dunia II, Jerman meledakan bangunan itu tetapi bunker-bunkernya masih tersisa. Sebagai pusat komando militer bangunan yang bisa menampung 2000 prajurit itu dilengkapi oleh bunker antibom yang masih bisa digunakan hingga kini.

Jerman mengahancurkan bangunan itu pada November 1944 tetapi puing-puingnya hingga kini masih menarik perhatian lebih dari 180.000 wisatawan pertahun.

'Kami ingin membuat tempat ini lebih menarik bagi turis, termasuk merenovasi hotel dan restorannya," kata Zenon Piotrowich, dari badan otoritas kehutanan Polandia.

Sumber : Telegraph