ck Terkait Impor Daging Sapi, Gubernur Sumut Diperiksa KPK

Terkait Impor Daging Sapi, Gubernur Sumut Diperiksa KPK


...

Plt.Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho memenuhi panggilan KPK terkait kasus kuota impor daging sapi di Kementrian Pertanian dengan tersangka Lutfi Hasan Ishaq.

Jakarta - Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus dugaan suap pengurusan kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian (Kemtan) sekaligus pencucian uang dengan tersangka mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan Ishaaq.

Gatot mendatangi kantor KPK sekitar pukul 9.15 WIB dengan mengenakan kemeja putih dan jas hitam.

"Jadi sesuai dengan surat panggilan. Saya diminta sebagai saksi kasus LHI," kata Gatot di kantor KPK, Kamis (16/5).

Gatot menceritakan pemeriksaan dirinya dalam kapasitas sebagai kader partai. Selain itu, Gatot menduga pemeriksaan dirinya juga terkait kehadiran dirinya dalam safari dakwan DPP PKS di Medan.

"Sebagai Gubernur. Jadi saya hadir di acara formal saja. Pada waktu itu di acara safari dakwah DPP PKS. Saya di acara formal," kata Gatot.

Gatot menegaskan dirinya hanya menghadiri safari dakwah DPP PKS. Dirinya tidak ikut dalam pertemuan di Hotel Aryaduta Medan yang dihadiri Menteri Pertanian Suswono, Luthfi, Elda Devianne Adiningrat, Maria Elizabeth Liman dan Ahmad Fathanah.

"Saya positif tidak ada dalam pertemuan itu dan tidak tahu," kata Gatot.

Pada Januari 2013, Luthfi dan Suswono juga pernah bertemu di Medan. Dalam pertemuan tersebut hadir pula Direktur Utama PT indoguna Utama, Elizabeth Liman, Mantan Ketua Asosiasi Benih Indonesia, Elda Deviane Adiningrat.

Dalam pertemuan itu, terjadi tukar menukar informasi dan data mengenai kuota daging sapi yang dimiliki oleh Kementerian Pertanian dengan Asosiasi Perdagingan.