Rotasi Fraksi PD, Max Sopacua Dikabarkan Geser Nurhayati Assegaf


...

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat, Max Sopacua.

Jakartas - Fraksi Partai Demokrat (PD) dikabarkan akan melakukan sejumlah rotasi jabatan, termasuk ketua fraksi partai tersebut, Nurhayati Ali Assegaf. Salah satu calon kuat yang digadang-gadang menggantikan Nurhayati adalah Wakil Ketua Umum PD, Max Sopacua.

Menanggapi rumor itu, Max yang ditemui di Gedung Dewan tak membantah maupun mengiyakan kabar tersebut.

"Kalau diplot saja, sama saja kayak bikin rencana makanan siang. Kalau tak jadi makan siangnya, ya tak jadi. Kalau diplot itu masih belum jadi," kata Max di Jakarta, Selasa (18/6).

Pada kesempatan itu, Max juga tak mengelak bila dirinya kerap berkomunikasi dengan Ketua Harian PD, Syarif Hassan. Namun, kata Max, komunikasi tersebut bukan berarti untuk memaksa adanya rotasi di fraksi.

Walau demikian, dia menekankan dirinya akan siap ditugaskan sebagai ketua fraksi apabila benar-benar plot dirinya itu diwujudkan.

"Sebagai prajurit, ditugaskan apapun, akan dilakukan. Tapi ini bukan usaha meminta-minta jabatan. Jabatan itu berdasar kemampuannya dong," ujarnya.

Lebih jauh, dia menekankan bahwa pergantian pejabat fraksi itu harus dilakukan dengan menjadikan kemampuan personel sebagai indikator penunjukkan jabatan.

"Jangan berbasis suka atau tak suka. Kalau berdasarkan like and dislike, maka akan kendala besar. Kalau pergantian berdasar kemampuan, the right man and the right place, maka ini bisa jadi bagus," kata dia.

Berdasarkan informasi yang beredar, selain Nurhayati yang akan digantikan oleh Max Sopacua, sejumlah pimpinan komisi dari Fraksi PD juga akan dirotasi.

Misalnya, Sekretaris Fraksi Saan Mustopa akan digantikan Hartanto Edhie Wibowo. Ketua Komisi III DPR I Gede Pasek Suardika akan digantikan oleh Ruhut Sitompul. Wakil Ketua Komisi V DPR Mulyadi akan digantikan Michael Wattimmena.

Lalu Wakil Ketua Komisi VIII DPR Gondo Radityo Gambiro akan digantikan M.Baghowi, dan Wakil Ketua Banggar DPR Djoko Oediyono akan digantikan oleh Johny Allen Marbun.

Rotasi kemungkinan akan dilaksanakan setelah masa Lebaran atau Agustus mendatang.